Skip to main content

Posts

Showing posts from February 7, 2005

Kolom Telematika: Tragedi Telkom Speedy

Kontributor: M. Salahuddien detikcom - Jakarta, Akhir 2004, Internet Indonesia mendapat kado pahit berupa kekacauan billing layanan ADSL Speedy, salah satu layanan ISP terbesar di Indonesia, Divisi Multimedia PT Telkom Tbk. Pertengahan Januari 2005, layanan ini kembali bermasalah dan berakibat lumpuhnya layanan selama beberapa hari. Tidak ada penjelasan memadai dan pelanggan diabaikan haknya oleh Telkom. Kualitas layanan adalah masalah mendasar ISP nasional. Divisi Multimedia PT. Telkom adalah ISP terbesar yang banyak dikeluhkan pelanggan. Telkom terkesan tidak punya rencana bisnis dan sumber daya yang layak untuk menyelenggarakan berbagai layanan Internet. Telkom juga dikritik dalam hal perilaku bisnis, penyelenggaraan, kualitas layanan dan sumber daya manusia. Terutama terkait dua layanan utamanya, Telkomnet Instan yang sudah tersebar di 240 kota dan Telkom Speedy (ADSL) di dua kota besar, Jakarta dan Surabaya. Telkom arogan dan tidak fair pada mitra kerja maupun pelangganny