Skip to main content

Biodiesel Biji Jarak

http://cdc.eng.ui.ac.id/article/articleview/3241/1/2/

Biodiesel Biji Jarak

JAKARTA -- Cadangan energi fosil semakin hari makin berkurang padahal kebutuhannya cenderung meningkat. Karena kondisi itulah para pakar energi memperkirakan bahwa energi fosil pada waktu tertentu akan habis terkonsumsi. Perkiraan yang ekstrem menyebutkan, minyak bumi akan habis jika dikonsumsi terus-menerus selama 200 tahun. Adapun batu bara akan habis terpakai dalam 400 tahun.

Seperti sedang berpacu dengan deadline, para ilmuwan energi giat mengembangkan energi terbarukan sebagai energi alternatif. Salah satunya adalah biodiesel, bahan bakar yang berasal dari minyak nabati yang memiliki sifat menyerupai solar atau minyak diesel. Biodiesel merupakan bahan bakar ramah lingkungan yang sesuai dengan komitmen Protokol Kyoto dan Mekanisme Pembangunan Bersih (Clean Development Mechanism).

Banyak jenis biodiesel berdasarkan sumber bahan bakunya. Biodiesel kelapa sawit merupakan jenis yang telah dikembangkan secara komersial. Selain itu, ada pula biodiesel dari minyak bunga matahari (Helianthus annuus) dan minyak biji jarak.

Dr Agus Rusyana Hoetman, peneliti pada Balai Besar Teknologi (B2T) pada Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) di Serpong, Tangerang, Banten, adalah salah satu yang melakukan pengembangan biodiesel dari biji jarak. Jarak yang dipilihnya adalah jarak pagar (Jatropha curcas) yang banyak ditanam secara tradisional oleh masyarakat di Sumba, Nusa Tenggara Barat, dan Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Menurut pengakuan Agus, jenis jarak yang telah dikembangkan jadi produk turunan, misalnya untuk bahan kosmetik dan minyak pelumas, adalah spesies Ricinus comunis. "Sementara itu, jarak pagar kurang dikembangkan," kata Agus, Kepala B2T. Untuk itulah, lembaganya yang salah satu kompetensinya mengembangkan teknologi energi terbarukan, mengembangkan biodiesel dari bahan jarak pagar tersebut.

Agus mengaku bertemu dengan Gubernur Nusa Tenggara Timur. Menurut Gubernur, masyarakatnya di beberapa kecamatan telah biasa menanam jarak pagar. Tapi penanaman belum terkoordinasi secara baik. "Dalam satu hektare dapat dihasilkan biji jarak sekitar 4-6 ton," kata Agus. Normalnya, masyarakat sudah dapat memetik buah jarak setelah ditaman selama lima bulan.

"Kami telah bekerja sama dengan peneliti di Badan Tenaga Atom Nasional yang mengembangkan varietas jarak pagar yang diradiasi sehingga dapat berbuah pada umur empat bulan," ujar Agus. Rencananya tahun ini B2T membuka kebun percontohan seluas satu hektare di Serpong yang ditanami dengan varietas jarak dari BATAN tersebut.

Keberhasilan pengembangan biodiesel jarak pagar ini tak hanya tergantung pada aspek pertaniannya, tapi juga sistem pengolahannya menjadi minyak jarak. Itulah sebabnya, Agus bekerja sama dengan Dr Heru Kuncoro, koleganya yang menjabat Kepala Subbidang Termal dan Mekanik di B2T.

Heru lalu merancang sistem pemrosesan biji jarak menjadi biodiesel. Sistem itu, menurut Heru, sederhana saja, terdiri atas mesin pengupas biji, unit pemanas, mesin tekan (pres mekanik), mesin penyaring (filter), pompa, dan perpipaan, serta dilengkapi unit pembangkit listrik berkapasitas 20-40 kilowatt. Sistem itu mampu memproses 10 ton biji jarak dengan waktu operasi 24 jam sehari.

"Pembangkit listrik itu memanfaatkan minyak jarak pagar yang dihasilkannya dan sebagian besar lainnya atau 70-80 persen berasal dari biomassa hasil gasifikasi limbah kulit buah jarak," kata Heru. "Jadi pembangkit listrik ini nyaris tak menggunakan bahan bakar dari luar," dia menambahkan.

Saat ini, B2T telah memiliki prototipe sistem skala laboratorium dengan kapasitas satu ton dengan pembangkit diesel 5 kilowatt. Menurut Agus, sistem berjalan baik, meskipun tetap harus ditingkatkan unjuk kerjanya. "Minyak jarak pagar yang dihasilkan memiliki angka cetane 51. Ini lebih tinggi dibanding yang dimiliki solar yang 45," kata Agus. Selain itu, titik pengabutan (pour point minyak jarak berada pada suhu 8 derajat Celsius, sedangkan solar 10 derajat Celsius.

Investasi untuk membuat sistem pemrosesan biji jarak dengan kapasitas produksi 10 ton biji itu telah diperhitungkan Agus, yakni sekitar Rp 1 miliar. "Itu tidak termasuk biaya bangunan seluas 300 meter persegi dan lahan kebun yang luasnya 500-1.250 hektare," dia menjelaskan.

Berdasarkan hitungan Agus, jika umur teknis alat adalah 10 tahun, ongkos pemrosesan minyak jarak tersebut Rp 350-600, belum termasuk harga biji jarak pagar.

"Analisis keekonomian ini diambil waktu produksi 312 hari per tahun dan 24 jam per hari, dengan rendemen minyak diasumsikan 30-45 persen. Jadi diperoleh minyak 2.623-3.919 liter/hari atau setara dengan 749-1.123 ton per tahun.

Industri minyak jarak ini juga harus menguntungkan penduduk yang menanamnya. Untuk itu, Agus menekankan perlunya penetapan harga biji jarak. Menurut hitungan Agus, jika harga biji jarak Rp 500/kg, harga minyak jaraknya berkisar Rp 2.100 (pesimistis) hingga Rp 1.400 (optimistis). Bila harga biji jarak Rp 800/kg, harga net minyak jarak Rp 3.000 (pesimistis) hingga Rp 2.000 (optimistis).

Agus berharap adanya program pemanfaatan lahan kritis dan marginal untuk penanaman jarak. "Di Nusa Tenggara misalnya yang hampir tidak ada sumber energi sehingga jarak pagar dapat dibudidayakan sebagai bahan baku energi," katanya. Selain itu, perlu ada investor yang membangun pabrik pengolahan minyak jarak. Ini akan membuka lapangan pekerjaan baru dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sana. "Penduduk nantinya dapat menjual minyak jaraknya kepada PLN sebagai bahan bakar PLTD di wilayah itu."

Dengan harga minyak jarak yang kompetitif terhadap solar mungkin PLN tak harus mengimpor BBM untuk menghidupkan pembangkit listrik tenaga dieselnya.

dody hidayat

--
No virus found in this outgoing message.
Checked by AVG Anti-Virus.
Version: 7.0.323 / Virus Database: 267.8.13/47 - Release Date: 7/12/2005

Popular posts from this blog

Contoh Checklist saat beli mobil bekas

Diambil dari Majalah AutoBild Edisi 54 100 Checklist Mobil Bekas Berkualitas Kriteria Penilaian : (A) Problem minor. Biasanya karena habis dipakai dan normal terjadi di mobil yang sudah berumur. Tapi hal ini bisa dijadikan bahan negosiasi harga. Dan jika mobilnya masih relatif baru, problem ini juga bisa berarti biaya mahal. (B) Cacat yang bisa menjadi serius, jika membutuhkan investigasi lebih lanjut. (C) Kemungkinan adalah problem serius yang mahal dan sulit diperbaiki hingga normal. (D) JANGAN beli mobil ini!!!!!!!!!! Kesan Pertama 1. Dimana anda mobil tersebut? Jika diperlukan, dapatkah Anda menemukan penjualnya kembali? (D) 2. Apakah alamat penjualnya jelas? (D) 3. Bicara langsung ke penjual; apakah pertanyaan Anda dijawab dengan sigap? (D) 4. Lihat dan perhatikan sisi kendaraan, apakah terlihat lurus dan simetris? (D) 5. Periksa setiap sisi untuk mengenali kerusakan berat. (C) 6. Periksa celah antar panel, seharusnya rata dan konsisten. Jika tidak, ada kemungkinan

Daftar Alamat Bank Jabar Banten (BJB) Jakarta

Alamat dan telpon Kantor Cabang , Kantor Cabang Pembantu, dan Kantor Kas Bank Jabar dan Banten yang berlokasi di Jakarta meliputi wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Timur , Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan Kantor Cabang - Bank Jabar Banten - Jakarta Nama KC Alamat Telpon Fax JAKARTA Bank DEVISA Jl.Jend.Sudirman Kav.2 Gedung Arthaloka Lt.Dasar & Lt.4 Jakarta Pusat 021-2511448, 2511449 021-2511450, 2514415 HASYIM ASHARI Jl. KH. Hasyim Ashari No. 32-34, Jakarta Pusat 021-6330676 021-6324430 MANGGA DUA Gedung Masterina Jl. Mangga Dua Raya Blok F1 No. 1-3 Jakarta Pusat 021-62204094, 62204095, 62204096 021-62204093 KEBAYORAN BARU Graha Iskandarsyah Lt. 2 JL. Iskandarsyah Raya no. 66 C Kebayoran Baru 12160 - Jakarta Selatan 021-7229777, 7207334 021-7206990, 7209941 RAWAMANGUN Jl. Pemuda No. 97 Kec. Pulogadung - Jakarta Timur 021-47861771, 47868072, 47868073 021-47863209 Kantor Cabang Pembantu - Bank Jabar Banten - Jakarta NAMA KCP ALAMAT TELPON

Cara ganti baterai keyBCA

http://groups.yahoo.com/group/stmpnb/message/2271 Nasabah BCA yang terhormat, Terima kasih atas kepercayaan Anda menggunakan layanan KlikBCA Individu  untuk melakukan berbagai transaksi perbankan Anda. Berdasarkan data yang ada pada kami, saat ini Anda telah menggunakan  KeyBCA dengan tipe Activcard. Bila baterai KeyBCA sudah lemah akan muncul icon/tanda gambar yang  menunjukkan bahwa KeyBCA dalam kondisi "low battery", maka Anda harus segera  mengganti baterai utamanya dengan baterai baru segera setelah icon tersebut  muncul. (Pada waktu penggantian baterai, KeyBCA harus dalam kondisi tidak  aktif). Berikut ini langkah-langkah penggantian baterai :  1. Buka penutup baterai KeyBCA yang terletak di bagian belakang KeyBCA      sebelah kanan bawah.  2. Ganti baterai utama dengan baterai baru  (proses ini harus berlangsung        dengan cepat) .  3. Tutup kembali penutup baterai KeyBCA.  4. KeyBCA sudah bisa digunakan kembali.  Keterangan : tipe baterai CR2032/3V-22