Skip to main content

kompas: Blogger menggeser MediaBasBang?

Pewarta Warga, Ancaman bagi Editor?

PEPIH NUGRAHA

Pada suatu masa, kehadiran radio dianggap mengancam surat kabar dalam hal kecepatan menyiarkan berita. Kemudian radio terancam oleh kehadiran televisi yang lebih atraktif, karena selain menyiarkan suara, juga menyiarkan gambar bergerak yang tentu saja jauh lebih atraktif.

Pernah juga disebut-sebut, kehadiran situs berita atau "dot.com" di pertengahan tahun 1990-an bisa menjadi ancaman seluruh media massa konvensional, seperti surat kabar, radio, maupun televisi. Akan tetapi, dalam hal kecepatan menyampaikan informasi, konon seluruh jenis media terancam oleh kehadiran mailing list atau blog pribadi di internet.

Pakar ilmu komunikasi Universitas Indonesia Dedy Nur Hidayat tidak melihat kehadiran blog sebagai ancaman serius bagi media massa kini, baik koran, radio, maupun televisi. Juga belum bisa disebut tantangan signifikan bagi media-media massa konvensional yang sekarang ini ada.

"Blog, situs pribadi atau mailing list hanya efektif dalam kasus tertentu untuk sumber alternatif yang luput dari pengamatan media massa," kata Dedy, 22 April lalu.

Dia mencontohkan, pada zaman Orde Baru, saat Soeharto berkuasa, sejumlah mailing list menjadi pelarian warga yang mampu mengakses internet akibat media massa konvensional saat itu tidak ada yang berani mengkritik rezim.

Meski kredibilitas mailing list diragukan karena sembarang orang bisa menumpahkan unek-uneknya, toh mailing list laris manis. "Akan tetapi, ketika media massa sudah bebas menginformasikan apa pun seperti sekarang ini, tidak pada tempatnya bila orang lari ke mailing list atau blog-blog untuk mencari informasi alternatif," katanya.

Publik juga mempertanyakan profesionalisme para jurnalis alias pewarta warga yang menayangkan sebuah peristiwa pada blog mereka.

Menurut Dedy, dalam kasus- kasus tertentu, blog bisa diakses ratusan ribu orang bila mampu menembus sumber-sumber eksklusif seperti pemimpin teroris yang dicari-cari dunia internasional, yang tidak dapat ditampilkan media massa. Kehadiran para blogger ini baru dianggap sebagai ancaman karena sifat interaktifnya, yang tidak mungkin dilakukan media massa konvensional.

"Radio dan televisi lebih mudah melakukan komunikasi interaktif dengan khalayaknya. Berbeda dengan media massa cetak yang sangat sulit menjalin komunikasi timbal balik dengan para pembacanya. Tetapi, koran- koran sekarang sudah melengkapi diri dengan versi on line sehingga komunikasi yang interaktif bisa tetap dilakukan," kata Dedy lagi.

Di dunia akademik, kehadiran citizen journalism atau sering disebut jurnalisme partisipatoris mendapat kritik keras. Vincent Maher dari Rhodes University, misalnya, menyebut kelemahan jurnalisme ini karena tidak memiliki "3E", yakni etika, ekonomi, dan epistemologi.

Pengamat media massa lainnya, Tom Grubisich, menyebut kelemahan lain jurnalisme ini yang tidak memiliki kualitas maupun isi. Kenyataannya, beberapa blog seperti Backfence yang disebut-sebut sebagai situs jurnalisme warga di Amerika Serikat hanya menarik segelintir peminat.

"Saat saya mengklik Backfence, saya serasa masuk ke sebuah halaman berpagar yang sangat luas, tetapi hening dan sepi," kata seorang pakar komunikasi lainnya.

Namun, sebuah artikel di New York Times justru terpesona atas meningkatnya partisipasi warga dalam citizen journalism. Artikel itu menyoroti kehadiran sebuah blog bernama News and Record dari Greensboro, North Carolina, yang banyak mengundang tamu mampir. "News and Record mentransformasi web site-nya ke dalam kota virtual di mana warganya bisa mengatakan apa saja. Setiap pembaca sekaligus reporter," demikian kesimpulan artikel itu.

Bahkan Presiden CNN Jonathan Klein kepada Los Angeles Times mengatakan, bangkitnya warga untuk memenuhi kebutuhan informasinya sendiri disebut sebagai pertanda kehadiran jurnalisme warga.

Berdasarkan penelusuran Kompas, di News and Record warga Greensboro dapat saling sapa, saling bertukar cerita dan pengalaman sehari-hari di lingkungan mereka. Dalam rubrik Public Record, misalnya, orang yang menikah atau bercerai bisa mewartakannya di blog tersebut. Demikian juga kematian dan kelahiran seseorang di Guilford County, semacam kabupaten di sana, menjadi catatan penting yang tidak mungkin dirilis koran atau disiarkan radio.

Pendek kata, orang-orang Greensboro yang berada di wilayahnya atau di mana pun mereka berada dapat melepas kangen dengan mengklik blog milik warga tersebut dan mendapat unek-unek atau cerita khas masyarakat setempat. Komunikasi interaktif berlangsung secara lebih transparan, hangat, dan bersahabat. Bahkan, kemarahan pun dapat "teraba" tanpa harus diperhalus oleh editor.

John Robinson, editor blog tersebut, mengatakan, apa yang dilakukakannya sebatas mentransformasi surat kabar. "Dan blogging telah mengubah wajah jurnalisme," katanya. Tujuannya tidak lain agar apa yang diberitakan warga lebih transparan. Bagi dia, berita adalah percakapan. "Inilah dunia yang harus kami (News and Record) mainkan. Bukan hanya sekadar konsep untuk online, ini adalah konsep untuk sebuah surat kabar," katanya.

Berita adalah percakapan. Barangkali itulah salah satu kekuatan dari blog. Sebab menjadi pewarta warga, orang tidak lagi terikat etika jurnalistik.

Setiap orang bisa dengan leluasa mengeluarkan kemarahan dan sumpah serapahnya atas ketidakadilan yang diterima atau pengalaman menyakitkan yang menimpanya. Sebaliknya, ia juga bisa menyanjung orang lain dan dirinya setinggi langit. Ia juga tidak peduli "hukum jurnalistik" mengenai perlunya cover both side. Pokoknya laporkan saja!

Inilah yang disebut Robinson dengan "transparan", karena ungkapan asli dan isi hati seseorang dapat dibaca dan dirasakan dengan jelas. Sesuatu yang tidak mungkin akan termuat utuh dalam sebuah media massa konvensional, di samping belum tentu juga media massa tertarik terhadap isu yang "tidak seksi" yang mungkin menjadi minat warga.

Seorang ibu rumah tangga di Sidoarjo, Jawa Timur, dengan gigih belajar membuat blog. Setelah berhasil, ia menuliskan pengalaman pribadinya berwisata gastronomi makanan tradisional Jawa Timur, dilengkapi dengan foto-foto hasil jepretan kamera digitalnya. Ajaibnya, dalam beberapa minggu saja blog-nya sudah dikunjungi ratusan ibu-ibu muda lainnya, dari yang sekadar kenalan dan curhat, sampai minta dikirim makanan tradisional itu tadi. "Bagi kami, inilah berita," katanya.

Meski bukan ancaman serius bagi koran, Tim Porter pemilik blog First Draft memberi tips bagi para pemilik media massa konvensional. "Apa yang ingin saya peroleh besok di koran yang saya langgan adalah saya ingin tulisan wartawan profesional yang informasinya lebih baik dari laporan warga masyarakat biasa," katanya.

Tips yang diberikan Porter merujuk pada kasus bom yang mengguncang London 7 Juli 2005, bahwa media massa haruslah memberi (1) konteks, yakni sejarah terorisme di London dan Eropa, (2) up date, apa kaitannya dengan bom Madrid sebelumnya, (3) lokal, bagaimana ukuran keamanan kereta-kereta api bawah tanah satu dengan lainnya, (4) geografi, data dan infografik di mana peristiwa terjadi, (5) orang seperti saya, di mana sebagai orang Amerika dan saat itu London dipenuhi turis Amerika, bagaimana cerita tentang mereka, (6) debat, kebebasan lawan keamanan, dan (7) suara, yakni tanggapan orang siapa yang terlibat dalam peristiwa.

Setelah memberi tujuh tips itu, Porter melempar tanya yang layak direnungkan oleh para pemilik koran mana pun, setidak- tidaknya para editor: "Koran apa yang akan Anda terbitkan besok? Okay, kami perlu semua hal, kecuali berita!"

http://www.kompas.co.id/kompas-cetak/0605/18/teropong/2659232.htm

Popular posts from this blog

Contoh Checklist saat beli mobil bekas

Diambil dari Majalah AutoBild Edisi 54 100 Checklist Mobil Bekas Berkualitas Kriteria Penilaian : (A) Problem minor. Biasanya karena habis dipakai dan normal terjadi di mobil yang sudah berumur. Tapi hal ini bisa dijadikan bahan negosiasi harga. Dan jika mobilnya masih relatif baru, problem ini juga bisa berarti biaya mahal. (B) Cacat yang bisa menjadi serius, jika membutuhkan investigasi lebih lanjut. (C) Kemungkinan adalah problem serius yang mahal dan sulit diperbaiki hingga normal. (D) JANGAN beli mobil ini!!!!!!!!!! Kesan Pertama 1. Dimana anda mobil tersebut? Jika diperlukan, dapatkah Anda menemukan penjualnya kembali? (D) 2. Apakah alamat penjualnya jelas? (D) 3. Bicara langsung ke penjual; apakah pertanyaan Anda dijawab dengan sigap? (D) 4. Lihat dan perhatikan sisi kendaraan, apakah terlihat lurus dan simetris? (D) 5. Periksa setiap sisi untuk mengenali kerusakan berat. (C) 6. Periksa celah antar panel, seharusnya rata dan konsisten. Jika tidak, ada kemungkinan

Daftar Alamat Bank Jabar Banten (BJB) Jakarta

Alamat dan telpon Kantor Cabang , Kantor Cabang Pembantu, dan Kantor Kas Bank Jabar dan Banten yang berlokasi di Jakarta meliputi wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Timur , Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan Kantor Cabang - Bank Jabar Banten - Jakarta Nama KC Alamat Telpon Fax JAKARTA Bank DEVISA Jl.Jend.Sudirman Kav.2 Gedung Arthaloka Lt.Dasar & Lt.4 Jakarta Pusat 021-2511448, 2511449 021-2511450, 2514415 HASYIM ASHARI Jl. KH. Hasyim Ashari No. 32-34, Jakarta Pusat 021-6330676 021-6324430 MANGGA DUA Gedung Masterina Jl. Mangga Dua Raya Blok F1 No. 1-3 Jakarta Pusat 021-62204094, 62204095, 62204096 021-62204093 KEBAYORAN BARU Graha Iskandarsyah Lt. 2 JL. Iskandarsyah Raya no. 66 C Kebayoran Baru 12160 - Jakarta Selatan 021-7229777, 7207334 021-7206990, 7209941 RAWAMANGUN Jl. Pemuda No. 97 Kec. Pulogadung - Jakarta Timur 021-47861771, 47868072, 47868073 021-47863209 Kantor Cabang Pembantu - Bank Jabar Banten - Jakarta NAMA KCP ALAMAT TELPON

Cara ganti baterai keyBCA

http://groups.yahoo.com/group/stmpnb/message/2271 Nasabah BCA yang terhormat, Terima kasih atas kepercayaan Anda menggunakan layanan KlikBCA Individu  untuk melakukan berbagai transaksi perbankan Anda. Berdasarkan data yang ada pada kami, saat ini Anda telah menggunakan  KeyBCA dengan tipe Activcard. Bila baterai KeyBCA sudah lemah akan muncul icon/tanda gambar yang  menunjukkan bahwa KeyBCA dalam kondisi "low battery", maka Anda harus segera  mengganti baterai utamanya dengan baterai baru segera setelah icon tersebut  muncul. (Pada waktu penggantian baterai, KeyBCA harus dalam kondisi tidak  aktif). Berikut ini langkah-langkah penggantian baterai :  1. Buka penutup baterai KeyBCA yang terletak di bagian belakang KeyBCA      sebelah kanan bawah.  2. Ganti baterai utama dengan baterai baru  (proses ini harus berlangsung        dengan cepat) .  3. Tutup kembali penutup baterai KeyBCA.  4. KeyBCA sudah bisa digunakan kembali.  Keterangan : tipe baterai CR2032/3V-22