Skip to main content

Kebiasaan sopir jadul

*dari milis sebelah*


Teman-teman, Ini ada info yang saya posting ulang dari millis sebelah, yang mungkin dapat bermanfaat, khususnya bagi kita-kita yang menangani mobil tanpa sopir.
 
*KEBIASAAN  SOPIR  JADUL.*
 
*1. Memanaskan mesin mobil*
 
Ini jelas perilaku ndeso tenan, mesin mobil jaman sekarang ndak usah
dipanas-panasin, apalagi pake di gas-gas, komponen-komponen sudah dibuat
dari bahan yang koefisien muainya rendah dan ukuran yang presisi sedemikian
rupa, oli mesin sudah langsung bersirkukasi begitu mesin berputar, jadi
starter langsung bisa digunakan. Takaran pasokan bahan bakar akan selalu pas
di berbagai kondisi mesin,karena sudah diatur oleh ECU.
 
*2. Tekan gas sebelum mematikan mesin*
 
Ini ndak ada gunanya, logikanya sebelum mesin berhenti, berikan kesempatan
untuk idle, terutama untuk mesin turbo, karena saat mesin berhenti fan turbo
masih berputar karena kelembaman, sementara oli pelumasnya sudah tidak
mengalir. Sopir jadul mengegas mesin sebelum dimatikan (bahkan di gas-gas,
ngganggu tanggane wae) tujuannya untuk mengisi aki agar saat di start, lho
kan aki sudah diisi ketika mesin jalan?.
 
*3. Menyalakan AC membuat boros bensin dan mesin panas*
 
Mesin mobil jaman sekarang sudah menggunakan electric fan, yang mati
hidupnya dikontrol oleh sensor temperatur, dijamin mesin ndak bakalan over
heat. Kompressor AC juga sudah disesuaikan sedemikian rupa sehingga lebih
effisien sehingga tidak memperberat kerja mesin secara signifikan. Mematikan
AC tidak sebanding dengan kemringetnya badan dan debu yang masuk ke kabin.
 
*4. Mengidupkan AC saat mesin berjalan bisa cepat rusak*
 
Kopling AC dan mesin menggunakan electric clutch, jadi bisa masuk dan keluar
kapan saja tidak peduli mesin sedang rpm berapa, yang dideteksi adalah suhu
kabin. Tidak peduli kapan AC dihidupkan.
 
*5. Mengangkat wiper saat parkir*
 
Maksudnya ngirit padahal malah boros. Maksud hati mengangkat wiper agar
karet tidak bersentuhan langsung dengan kaca yang panas, jadi agar karet
wiper awet, sementara ketika menjomplang wiper justru per yang ketarik
terus-terusan malah bisa lembek, tekanan ke kaca ketika digunakan justru
malah berkurang. Percayalah, karet wiper sudah didisain tahan terhadap suhu
panas, yang membuat getas adalah life timenya, seperti karet-karet yang
lain.
 
*6. Aki di lantai bisa ngentekne setrum*
 
Ndak ada teori yang bisa menerangkan, muatan aki hanya bisa habis jika ada
beban yang di hubungkan pada kedua kutubnya.
 
*7. Knalpot kotor tanda oli mesin terbakar*
 
Knalpot kotor ya mesthi lah…., wong dalane kebul. Yang perlu diperhatikan
justru malah kebulnya sendiri, jika ngebul pas putaran rendah mungkin seal
klep, jika pas digeber mungkin ring piston lemah.
 
*8. Tekanan angin ban terlalu tinggi bisa meletus*
 
Memangnya plembungan, nek kokehan isi bisa njeblug. Njeblugnya ban bukan
karena kebanyakan angin, tetapi karena faktor dari luar, seperti kecubles
benda tajam, pernah membentur lubang sehingga merusak jalinan kawat baja,
atau panas berlebih sehingga membuat lembek material karet ban. Ban didisain
untuk menerima tekanan angin jauh lebih tinggi, koefisien muai udara juga
rendah, jadi volume udara ketika ban panaspun nambahnya tidak signifikan.
 
*9. Menyalakan hazzard ketika hujan atau konvoi.*
 
Ini perilaku ndeso yang akan membingungkan sopir lain, karena akan mematikan
fungsi lampu sein. Selain itu kelap-kelip sangat mengganggu pemandangan.
Kendaraan konvoi ndeso juga kerapkali melakukan ini.
 
*10. Roda belok ketika parkir dapat merusak power steering*
 
Jarene sopo?, apalagi kalau mobil sudah mengadopsi EPS (electric power
steering) yang menggunakan motor, mau parkir seperti apapun tidak ngefek,
cumak keliatan ndak rapi saja. Katanya ketika posisi membelok, steering rack
posisi terbuka ke arah dimana setir dibelokkan sehingga ketika mesin di
start terjadi tekanan tiba-tiba dan dapat merusak seal dan packing. Lha kan
tekanan ini malah lebih kecil dibandingkan ketika mesin jalan biasa dan
membelok, lagipula seal dan packing sudah didisain jauh lebih kuat dari
tekanan oli. Membelokkan setir ketika parkir kadangkala diperlukan apabila
kita parkir di jalan yang tidak rata, tujuannya adalah: jika sewaktu-waktu
terjadi fault pada rem tangan dan mobil meluncur akan tertahan oleh border
jalan. Jadi jika parkir di jalanan menurun, belokkan stir kekiri, dan
sebaliknya jika jalan menanjak, belokkan stir kekanan.
 
*11. Charging ponsel di mobil membuat HP cepat rusak*
 
Batteray charger sudah didisain dengan IC stabilizer yang pasti aman dengan
fluktuasi tegangan aki karena pengisian alternator.
 
*12. Mobil baru tidak boleh melaju kencang*
 
Dulu memang ada istilah inrayen, jaman saiki wis gak usum, material dan
ukuran komponen mesin sudah dibuat bagus dan presisi, jadi tidak perlu "di
auskan" terlebih dahulu agar bisa nggelinding lancar, kalaupun perlu sudah
dilakukan oleh pabriknya. Coba perhatikan ganti oli pertama berapa km…?, ada
yang 5000km, bahkan ada merk yang 10000km, dan itupun oli masih cling,
diganti bukan karena olinya yang sudah kotor, tetapi karena lifetime, itu
pertanda mesin jaman sekarang sudah presisi dan keausannya rendah.
 
*13. Mobil matic tidak boleh didorong*
 
Lha kalau mogok gimana?, apa digendong?. Didorong disini maksudnya bukan di
dorong untuk menstart mesin tetapi untuk dipindahkan saja. Pindahkan saja ke
gigi N, maka mobil siap di dorong untuk dipindahkan.
 
*14. Mendorong mobil untuk start mesin*
 
Transmisi mobil didisain untuk merubah putaran mesin yang tinggi ribuan rpm
menuju ke rendah, jadi dari mesin ke kampas kopling, gigi-gigi transmisi,
shaft roda terus ke ban depan (untuk fwd), atau ke shaft joint terus ke
gardan dan ban belakang (untuk rwd). Kalau sekali2 dan terpaksa ya bolehlah
gerakan itu dibuat sebaliknya, tetapi kalau terus-terusan dan kebiasaan
parkir di turunan jalan terus start pakai digelindingkan, nah ini
masalahnya.
 
*15. Oli transmisi encer, mesin jadi enteng.*
 
Ini jelas, karena hambatan karena kekentalan menjadi berkurang. Transmisi
adalah jenis pelumasan dimana gear-gear yang saling bersentuhan direndam
dalam oli (lain dengan oli mesin yang dipompa dan di distribusikan ke
bagian-bagian yang bergerak). Fungsi oli adalah membentuk lapisan film pada
permukaan gigi gear, sehingga berfungsi sebagai bantalan antar logam. Jika
oli semakin encer, maka lapisan film juga semakin tipis, makanya gerakan
juga semakin ringan, suwarane kanjuga semakin kemrotog berisik, he he he.
 
*16. Pakai kabel busi racing, mobil tambah kencang.*
 
Coba buka kap mesin mobil jaman sekarang, adakah yang "hilang" dibanding
mobil jadul?. Selain karburator (kadangkala kabel gas), juga distributor dan
kabel busi, dan coil yang sebesar botol kecap. Hal ini dikarenakan
karburator sudah digantikan oleh sistem injeksi, kabel gas sudah hilang
karena drive by wire, kabel busi hilang (atau tinggal setengah jengkal)
karena coil sudah nempel langsung di atas busi. Jadi selamat tinggallah
kabel busi yang warna-warni.
 
*17. Pakai pelg besar mobil akan boros bensin*
 
Yang membuat boros dan tidaknya bensin bukan ukuran diameter pelg, tetapi
lebar tapak ban, karena ini yang akan mempengaruhi luas permukaan ban yang
menempel di jalan.
 
*18. Pasang alarm dapat membuat aki tekor*
 
Ndak masuk nalar, alarm ketika stand by cumak menggunakan arus listrik yang
sangat kecil dibanding dengan kapasitas aki mobil. Ndak taulah kalau
sepanjang malam alarm berbunyi terus-terusan, he he he
 
*19. Mematikan lampu ketika macet dapat mengirit setrum*
 
Bukan mengirit, tetapi bahaya yang menanti. Pembangkitan dan penggunaan arus
listrik dalam mobil sudah di atur oleh ECU, jadi selama aki anda waras, dan
alternator masih siap membangkitkan listrik, jangan kuatir dengan muatan
aki. Coba lihat aki mobil sekarang dibanding mobil jadul, pastinya lebih
kecil bukan…?

--

Popular posts from this blog

Contoh Checklist saat beli mobil bekas

Diambil dari Majalah AutoBild Edisi 54 100 Checklist Mobil Bekas Berkualitas Kriteria Penilaian : (A) Problem minor. Biasanya karena habis dipakai dan normal terjadi di mobil yang sudah berumur. Tapi hal ini bisa dijadikan bahan negosiasi harga. Dan jika mobilnya masih relatif baru, problem ini juga bisa berarti biaya mahal. (B) Cacat yang bisa menjadi serius, jika membutuhkan investigasi lebih lanjut. (C) Kemungkinan adalah problem serius yang mahal dan sulit diperbaiki hingga normal. (D) JANGAN beli mobil ini!!!!!!!!!! Kesan Pertama 1. Dimana anda mobil tersebut? Jika diperlukan, dapatkah Anda menemukan penjualnya kembali? (D) 2. Apakah alamat penjualnya jelas? (D) 3. Bicara langsung ke penjual; apakah pertanyaan Anda dijawab dengan sigap? (D) 4. Lihat dan perhatikan sisi kendaraan, apakah terlihat lurus dan simetris? (D) 5. Periksa setiap sisi untuk mengenali kerusakan berat. (C) 6. Periksa celah antar panel, seharusnya rata dan konsisten. Jika tidak, ada kemungkinan

Daftar Alamat Bank Jabar Banten (BJB) Jakarta

Alamat dan telpon Kantor Cabang , Kantor Cabang Pembantu, dan Kantor Kas Bank Jabar dan Banten yang berlokasi di Jakarta meliputi wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Timur , Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan Kantor Cabang - Bank Jabar Banten - Jakarta Nama KC Alamat Telpon Fax JAKARTA Bank DEVISA Jl.Jend.Sudirman Kav.2 Gedung Arthaloka Lt.Dasar & Lt.4 Jakarta Pusat 021-2511448, 2511449 021-2511450, 2514415 HASYIM ASHARI Jl. KH. Hasyim Ashari No. 32-34, Jakarta Pusat 021-6330676 021-6324430 MANGGA DUA Gedung Masterina Jl. Mangga Dua Raya Blok F1 No. 1-3 Jakarta Pusat 021-62204094, 62204095, 62204096 021-62204093 KEBAYORAN BARU Graha Iskandarsyah Lt. 2 JL. Iskandarsyah Raya no. 66 C Kebayoran Baru 12160 - Jakarta Selatan 021-7229777, 7207334 021-7206990, 7209941 RAWAMANGUN Jl. Pemuda No. 97 Kec. Pulogadung - Jakarta Timur 021-47861771, 47868072, 47868073 021-47863209 Kantor Cabang Pembantu - Bank Jabar Banten - Jakarta NAMA KCP ALAMAT TELPON

Cara ganti baterai keyBCA

http://groups.yahoo.com/group/stmpnb/message/2271 Nasabah BCA yang terhormat, Terima kasih atas kepercayaan Anda menggunakan layanan KlikBCA Individu  untuk melakukan berbagai transaksi perbankan Anda. Berdasarkan data yang ada pada kami, saat ini Anda telah menggunakan  KeyBCA dengan tipe Activcard. Bila baterai KeyBCA sudah lemah akan muncul icon/tanda gambar yang  menunjukkan bahwa KeyBCA dalam kondisi "low battery", maka Anda harus segera  mengganti baterai utamanya dengan baterai baru segera setelah icon tersebut  muncul. (Pada waktu penggantian baterai, KeyBCA harus dalam kondisi tidak  aktif). Berikut ini langkah-langkah penggantian baterai :  1. Buka penutup baterai KeyBCA yang terletak di bagian belakang KeyBCA      sebelah kanan bawah.  2. Ganti baterai utama dengan baterai baru  (proses ini harus berlangsung        dengan cepat) .  3. Tutup kembali penutup baterai KeyBCA.  4. KeyBCA sudah bisa digunakan kembali.  Keterangan : tipe baterai CR2032/3V-22