Skip to main content

[Lahar Dingin] Infrastruktur yang rusak di Magelang

Jumat, 21/01/2011 14:10 WIB
11 Jembatan Jebol, Magelang Terancam Terbelah Dua Akibat Lahar Dingin 
Parwito - detikNews

Foto: Parwito (detikcom)

Magelang - Banjir lahar dingin merusak satu per satu infrastruktur di Magelang, Jawa Tengah. 11 Jembatan jebol karena tak kuasa diterjang lahar dingin. Magelang pun terancam terbelah dua menjadi wilayah barat dan timur.

Kebanyakan jembatan yang rusak berada di Kali Putih, Kali Pabelan dan Kali Batang. Di Kali Pabelan, tinggal satu jembatan yang tersisa di Desa Prumpung, Kecamatan Muntilan, Magelang. Jika jembatan ini ambruk, maka resmi sudah Magelang terbelah dua.
 
Sementara di Kali Putih, masih tersisa 5 jembatan. Jembatan itu yakni jembatan Gempol (Kecamatan Salam), jembatan Gebayan (Kecamatan Salam), jembatan Ngepos (Kecamatan Srumbung) yang saat ini terancam, jembatan antar dusun Sabrangkali (Kecamatan Ngluwar) dan jembatan antar dusun Karangrejo (Kecamatan Ngluwar).

Jika banjir lahar dingin menutup Jalan Raya Magelang-Yogya, maka hanya jembatan Gebayan, dan jembatan Ngepos yang bisa difungsikan sebagai jalur alternatif ribuan warga. Namun jika banjir yang datang besar, semua jembatan tersebut ditutup karena berbahaya. Lalu lintas pun harus dialihkan ke jalur Purworejo, Jawa Tengah dan Kulon Progo, Yogyakarta.

"Jika ditambah dengan jembatan Tlatar, Kecamatan Dukun, Magelang yang kemarin putus total, sudah 11 jembatan di Kabupaten Magelang yang putus," tegas Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Penanggulangan Bencana (Kesbangpol dan PB) Kabupaten Magelang, Drs Eko Triyono kepada detikcom, Jumat(21/1/2011).

Untuk DAM dan bendungan irigasi masyarakat yang jebol, jumlahnya sudah mencapai puluhan. Di alur Kali Putih saat ini bahkan hanya tersisa dua bendungan irigasi. Bendungan lainnya sudah hancur diterjang lahar dingin Merapi.

Terkait banyaknya infrastruktur rusak ini, pemkab setempat kesulitan membangun kembali jembatan dan bendungan tersebut. Untuk itu, pemkab berharap Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bersedia membantu.

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Energi dan Sumber Daya Mineral (DPU ESDM) Magelang, Sutarno kepada detikcom menyatakan, pemkab kesulitan untuk membangun jembatan darurat (jembatan bailey). Sebabnya, sungai semakin lebar akibat tergerus material banjir berupa pasir, lumpur dan batu-batu besar.

Kali Pabelan dan Kali Putih saat ini mengalami pelebaran akibat tergerusnya tebing di pinggir sungai. Bahkan Kali Pabelan di Desa Gondosuli, Kecamatan Muntilan misalnya lebarnya mencapai sekitar 300 meter.

"Lebarnya sungai sudah menjadi dua kali lipat, ukuran jembatan bailey yang dipunyai Kodam IV Diponegoro tidak bisa mencakup kelebaran sungai. Padahal musim hujan masih dua bulan lagi," tegas Sutarno.

Sutarno mencontohkan pemerintah pernah membangun jembatan bailey di Srowol Progowati Kecamatan Muntilan dengan bentangan 28 meter. Setelah diresmikan 1 Januari 2011, jembatan tersebut hanyut pada banjir lahar 9 Januari akibat bentangan sungai bertambah lebar menjadi 68 meter.

Dari pengalaman ini, pemerintah tidak berani membangun jembatan bailey. Hal ini karena jembatan dengan bentangan di atas 51 meter harus menggunakan tiang penyangga. Padahal, saat ini tidak mungkin membangun jembatan dengan tiang penyangga di tengah.

"Jembatan Tlatar yang memiliki bentangan 60 meter jebol akibat tiang penyangga bagian tengah tergerus material vulkanik. Banjir lahar bisa sangat besar sehingga kaki jembatan tidak akan kuat menahannya," tegas Sutarno.

Sutarno menegaskan solusi sementara, pemda akan membangun jembatan bambu di sejumlah titik di Kali Putih, Kali Pabelan dan Kali Batang. Saat ini, DPU ESDM masih melakukan survei untuk menentukan lokasi mana saja yang akan dibangun jembatan bambu tersebut.

"Pembangunan jembatan bambu ini merupakan upaya darurat agar masyarakat tetap bisa beraktifitas. Kami akan mengusahakan agar para pejalan kaki dan sepeda motor bisa melalui jembatan bambu tersebut," tegas Sutarno.

Berikut data infrastruktur yang rusak di Magelang akibat lahar dingin merapi:

A. Jembatan putus di Kali Pabelan
  1. Jembatan Srowol
  2. Jembatan Sudimoro
  3. Jembatan Bojong Kojor
  4. Jembatan Gunung Lemah
  5. Jembatan Surodadi
  6. Jembatan Tlatar
  7. Jembatan Menayu

B. Jembatan putus di Kali Putih
  1. Jembatan Candi
  2. Jembatan Sirahan
  3. Jembatan Karangasem

C. Jembatan putus di Kali Batang
  1. Jembatan Mantingan

D. DAM jebol
  1. DAM Dusun Bendo, Desa Mangunsoko
  2. DAM Desa Keningar
  3. DAM Desa Paten
  4. DAM Ngepos
  5. DAM Salamsari

E. Sekolah rusak & hilang
  1. TK Pertiwi Sirahan, Salam
  2. TK Ibnu Hajar, Salam
  3. SMK Negeri Pertanian, Salam

F. Musala rusak & hilang
  1. Musala Darussalam, Karangasem, Ngluwar
  2. Musala Sudisari, Sudimoro, Adikarto, Muntilan

G. Puskesmas rusak & hilang
   1. Puskesmas Pembantu Sirahan

H. Pasar rusak & hilang
   1. Pasar Desa Jumoyo.

(fay/nvt)

http://bit.ly/gbL3Fw

Popular posts from this blog

Contoh Checklist saat beli mobil bekas

Diambil dari Majalah AutoBild Edisi 54 100 Checklist Mobil Bekas Berkualitas Kriteria Penilaian : (A) Problem minor. Biasanya karena habis dipakai dan normal terjadi di mobil yang sudah berumur. Tapi hal ini bisa dijadikan bahan negosiasi harga. Dan jika mobilnya masih relatif baru, problem ini juga bisa berarti biaya mahal. (B) Cacat yang bisa menjadi serius, jika membutuhkan investigasi lebih lanjut. (C) Kemungkinan adalah problem serius yang mahal dan sulit diperbaiki hingga normal. (D) JANGAN beli mobil ini!!!!!!!!!! Kesan Pertama 1. Dimana anda mobil tersebut? Jika diperlukan, dapatkah Anda menemukan penjualnya kembali? (D) 2. Apakah alamat penjualnya jelas? (D) 3. Bicara langsung ke penjual; apakah pertanyaan Anda dijawab dengan sigap? (D) 4. Lihat dan perhatikan sisi kendaraan, apakah terlihat lurus dan simetris? (D) 5. Periksa setiap sisi untuk mengenali kerusakan berat. (C) 6. Periksa celah antar panel, seharusnya rata dan konsisten. Jika tidak, ada kemungkinan

Daftar Alamat Bank Jabar Banten (BJB) Jakarta

Alamat dan telpon Kantor Cabang , Kantor Cabang Pembantu, dan Kantor Kas Bank Jabar dan Banten yang berlokasi di Jakarta meliputi wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Timur , Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan Kantor Cabang - Bank Jabar Banten - Jakarta Nama KC Alamat Telpon Fax JAKARTA Bank DEVISA Jl.Jend.Sudirman Kav.2 Gedung Arthaloka Lt.Dasar & Lt.4 Jakarta Pusat 021-2511448, 2511449 021-2511450, 2514415 HASYIM ASHARI Jl. KH. Hasyim Ashari No. 32-34, Jakarta Pusat 021-6330676 021-6324430 MANGGA DUA Gedung Masterina Jl. Mangga Dua Raya Blok F1 No. 1-3 Jakarta Pusat 021-62204094, 62204095, 62204096 021-62204093 KEBAYORAN BARU Graha Iskandarsyah Lt. 2 JL. Iskandarsyah Raya no. 66 C Kebayoran Baru 12160 - Jakarta Selatan 021-7229777, 7207334 021-7206990, 7209941 RAWAMANGUN Jl. Pemuda No. 97 Kec. Pulogadung - Jakarta Timur 021-47861771, 47868072, 47868073 021-47863209 Kantor Cabang Pembantu - Bank Jabar Banten - Jakarta NAMA KCP ALAMAT TELPON

Cara ganti baterai keyBCA

http://groups.yahoo.com/group/stmpnb/message/2271 Nasabah BCA yang terhormat, Terima kasih atas kepercayaan Anda menggunakan layanan KlikBCA Individu  untuk melakukan berbagai transaksi perbankan Anda. Berdasarkan data yang ada pada kami, saat ini Anda telah menggunakan  KeyBCA dengan tipe Activcard. Bila baterai KeyBCA sudah lemah akan muncul icon/tanda gambar yang  menunjukkan bahwa KeyBCA dalam kondisi "low battery", maka Anda harus segera  mengganti baterai utamanya dengan baterai baru segera setelah icon tersebut  muncul. (Pada waktu penggantian baterai, KeyBCA harus dalam kondisi tidak  aktif). Berikut ini langkah-langkah penggantian baterai :  1. Buka penutup baterai KeyBCA yang terletak di bagian belakang KeyBCA      sebelah kanan bawah.  2. Ganti baterai utama dengan baterai baru  (proses ini harus berlangsung        dengan cepat) .  3. Tutup kembali penutup baterai KeyBCA.  4. KeyBCA sudah bisa digunakan kembali.  Keterangan : tipe baterai CR2032/3V-22